Pakars Indonesia

TRANSFORMASI DESA

Dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan daerah miskin dan tertinggal, yaitu melalui peningkatan pendapatan keluarga, maka PAKARS memulai project TRANSFORMASI DESA pada tahun 2010. PAKARS memulai dengan survey kepada 3 (tiga) dusun di Provinsi Lampung.
Melihat dan menganalisa kondisi lapangan pada akhirnya menetapkan Dusun Sukamakmur sebagai proyek perdana PAKARS Indonesia.

Transformasi ekonomi suatu wilayah terjadi melalui kemandirian masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha Perkebunan/Pertamian, Peternakan, Kesehatan, dan Wirausaha.


Dusun Sukamakmur adalah 1 (satu) dari 5 (lima) Dusun yang ada di Desa Moro-Moro Way Serdang, Mesuji, Lampung. Dengan jumlah penduduk ± 250 s.d. 300 kepala keluarga, sebagian besar penduduk merupakan warga transmigran dari Jawa dan Bali yang hidup dari hasil pertanian singkong dan karet. Status kepemilikan lahan yang dipergunakan oleh warga untuk bertani adalah ‘register 45’ atau dalam pengelolaan dan pengawasan. Kondisi inilah yang menyebabkan warga sering berpindah rumah karena alasan takut digusur, sekalipun ada warga yang sudah menempati dan mengusahakan lahan tersebut selama 12 tahun.

Melalui Pakars, diadakan kegiatan yang mendorong kemandirian warga melalui pembentukan Kelompok tani, Penyediaan fasilitas Micro Finance, dan pelatihan-pelatihan pertanian. Terima kasih bagi para Donatur yang membantu program ini.